"Algoritma dan Flowchart ?? hahahah kemarin aku ingat pas pertama kali tugas ini di kasih ya aku ngerasa mudah.. tapi.. hehhehhe.. Dosen ku teliti banget, sampe tanda panah juga di perhatikan.. ya tapi itu bagus, aku bsa belajar lebih baik ke depannya"
"Jangan coba-coba Ngoding kalau belum bisa ALGORITMA & FLOWCHART"
Teknik Informatika = Problem Solving
Masalah ?? apa yang anda pikirkan tentang masalah? Masalaah ya sesuatu yang mengganggu.. Mengganggu.. Itu lah penting nya seorang IT di sini. memecahkan masalah yang diberikan. Tanpa kita sadari ketika kita punya masalah dan memecahkan nya disitu kita sudah menggunakan ALGORITMA. Dan terkadang buat adik2 atau temen2 yang memang suka ngebuat konsep pemecahan masalahnya dengan Gambar disitu lah kamu sudah menggunakan FLOWCHART.
*kalau patah hati bisa gak di buat algoritma nya ?
*ngawur
Sipp. aku kasi tau deh pengertiannya....
Algoritma adalah Prosedur atau deretan langkah-langkah untuk memecahkan masalah. Contoh simple nya.. ini..
Itu adalah contoh algoritma yang sering digunakan sama emak2. //kalau gitu emak ku udah pinter algoritma lah ya..
Nah algoritma ini bisa disajikan dengan 2 cara umum yaitu :
1. Menggunakan Pseudocode
2. Menggunakan Flowchart
PSEUDOCODE
Pseudocode adalah outline dari program computer.//bahasanya ga ngerti kan? aku juga ga ngerti maksudnya apa. :D // Jadi temen2 di program yang kita dapat kita ngebuat langkah2 nya dengan beberapa keyword. Keyword yang kita gunakan bisa bahasa indonesia bisa bahasa Inggris. Contohnya masukkan,input,print,cetak,proses,compute,etc.
1. Membaca data (input)
Jadi di bagian ini kamu memasukkan data di program yang akan nantinya kamu buat, dan biasanya di sini digunakan keyword untuk menjelaskan struktrur nya seperti "input,masukkan,baca,read,keyIn".
contoh :
- input "Nama,NIM,kelas"
- read "Umur"
- masukkan "alamat"
Mudah kan?
2. Menampilkan data
Ketika ada inputan maka outputan pun ada. Maka di sini digunakan keyword nya adalah "print, cetak,display,write"
contoh :
- cetak "bilangan bulat"
- Print "hasil luas lingkaran"
3. Perhitungan Aritmatika
Gampang kok kalo di sini di gunakan "+,/,*,-" aku yakin pada tau artinya apa. kalau ga tau balik ke SD aja :D :D . Keyword nya adalah "compute, proses, calculate,hitung"
contoh :
- compute 8*4
4. Membandingkan dan memilih
Ketika diberikan suatu masalah maka hal yang akan kamu hadapi adalah pilihan dan dilema.. ups salah maksud nya pilihan dan perbandingan. keyword nya disini biasanya "If,else if,else,then"
contoh :
- if umur = 12
then discount 0.1*harga
else if umur = 15
then discount = 0.3*harga
else
then discount = 0.5*harga
END IF
// jangan lupa membubuhkan end if di akhir IF.
5. Pengulangan
Jika beberapa perintah yang harus diulang, maka dapat digunakan keyword DOWHILE dan ENDDO
//sebenernya aku belum pernah make ini. hihiiii
CONTOH SOAL :
1. Buatlah pseudocode untuk membuat program mencari luas lingkaran.
Jawaban :
Start
Input r
Compute luas = 3.14*r*r
Write luas
End
Sebenenya ini masih mudah jadi menurutku tanpa contoh soal yang banyak mungkin kamu bisa mengerti.
FLOWCHART
Flowchart = Diagram
The best casinos accepting Bitcoin payments
BalasHapusAre there 스마일 먹튀 casinos accepting Bitcoin payments? — The best casinos accepting Bitcoin payments? Casino, 토토 사이트 Welcome nufastcash.com Bonus and Cashback. We nba betting odds are sorry 포커 족보 순위 for that but